counter

Rabu, 12 Juni 2013

Sejarah Mysql

Print Friendly and PDF

      MySQL adalah salah satu dari pendatang baru dalam dunia database yang berasaal dari Skandinavia. Pengembangan MySQL dimulai pada tahun 1979 dengan tool database UNIREG yang dibuat oleh Michael Monty Widenius yaitu seorang programmer asal Swedia yang bekerja  untuk perusahaan TcX di Swedia. 

     Kemudian pada tahun 1994, TcX mulai mencari server SQL untuk mengembangkan aplikasi berbasis Web. dan berencana menggunakan UNIREG sebagai databasenya. Namun malang bagi Monty, UNIREG buatannya dianggap tidak cocok untuk database yang dinamis seperti web. 

     Lalu TcX tempat Monty bekerja mencari alternatif sistem database lainnya. salah satunya adalah mSQL (miniSQL).  Mula - mula Michael Monty Widenius memakai miniSQL  (mSQL) pada pengujiannya itu, namun setelah menguji ke beberapa server komersial. mSQL dirasa masih terlalu lambat dalam pemrosesan query untuk tabel - tabel TcX yang besar.

     Dengan hasutan petinggi - petinggi TcX, Monty Mencoba menghubungi David Hughes (programmer yang mengembangkan mSQL) untuk menanyakan apakah ia tertarik mengembangkan sebuah konektor di mSQL yang dapat dihubungkan dengan UNIREG ISAM sehingga mendukung indexing. Namun saat itu Hughes menolak, dengan alasan sedang mengembangkan teknologi indexing yang independen untuk mSQL 2.
dikarenakan penolakannya itu, TcX dan Juga Monty akhirnya memutuskan untuk merancang dan membuat sendiri konsep sistem database baru. Sistem ini merupakan gabungan dari UNIREG dan mSQL yang Sourcenya bebas digunakan. 

   Sehingga pada Mei 1995 lahirlah sebuah perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS ) yang dinamakan MySQL. tetapi pengambilan nama MySQL, sampai saat ini masih belum jelas asal usulnya. Ada yang berpendapat nama My diambil dari huruf depan dan belakang Monty, tetapi versi lain mengatakan nama itu di ambil dari nama putrinya yang kebetulan bernama My.

     Pada tahun yang sama (1995) David Axmark dari Detro HB rekanan TcX, mengusulkan agar MySQL dijual dengan model bisnis baru. Ia mengusulkan agar merelease MySQL di Internet secara gratis. ia juga membuat dokumentasi MySQL yang di-build untuk GNU configure utility. MySQL 3.11.1 dipublikasikan di dunia tahun 1996 dan didistribusikan Linux dan Solaris. Sekarang ini MySQL bekerja untuk banyak platform serta tersedia source codenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar